6 Jenis Litter Kandang Ayam yang Mudah di Dapatkan

Jenis Litter Kandang Ayam | Halo, sobat ternak! Apa kabar hari ini? Semoga dalam keadaan baik dan semangat untuk merawat ayam-ayam kesayangan di kandang. Kali ini, Tim MariTernak akan membahas topik yang penting dalam perawatan ayam, yaitu jenis litter kandang ayam.

Anda mungkin sudah tahu bahwa litter kandang adalah salah satu elemen kunci untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan ayam-ayam kita. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis litter kandang yang dapat Anda pilih? Mari kita bahas satu per satu!

1. Sekam

6 Jenis Litter Kandang Ayam yang Mudah di Dapatkan
Sekam

Sekam adalah salah satu jenis litter kandang ayam yang umum dan banyak digunakan oleh para peternak. Bahan ini terbuat dari lapisan pelindung biji padi yang bisa di dapatkan dari limbah penggilingan padi. Sekam memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah daya serap yang baik.

Selain itu harga sekam juga cukup murah dan ringan untuk di bawa. harga satu sak sekam biasanya sekitar 10-15 ribu.

Artikel Terkait : Pentingnya Penggunaan Litter

2. Serbuk Gergaji

Serbuk Gergaji alas kandang
Serbuk Gergaji Alas Kandang

Serbuk gergaji merupakan alternatif lain pengganti untuk litter kandang ayam. Bahan ini di dapatkan dari sisa gergaji mesin. Serbuk gergaji memiliki kemampuan untuk menyerap kotoran dan mengendalikan bau yang tidak sedap. Namun, pastikan serbuk gergaji yang Sobat Ternak gunakan dalam kondisi kering dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

3. Jerami

Jerami Alas Kandang
Jerami Alas Kandang

Jerami adalah litter kandang yang terbuat dari batang tanaman yang kering. Jerami memiliki daya serap yang cukup baik dan memberikan kelembutan di bawah kaki ayam. Namun, jerami cenderung cepat terurai, sehingga Anda perlu menggantinya lebih sering.

4. Bonggol Jagung Cacah

Bonggol Jagung Alas Kandang
Bonggol Jagung Alas Kandang

Bahan ini terbuat dari bonggol jagung yang diselep jadi potongan kecil. Bonggol jagung cacah memiliki daya serap yang baik dan memberikan pijakan yang nyaman bagi ayam-ayam Anda. Namun, bonggol jagung cacah tidak begitu baik dalam mengurangi bau kotoran ayam seperti serbuk gergaji.

5. Pasir

Pasir Untuk Alas Kandang
Pasir Untuk Alas Kandang

Meskipun jarang di gunakan untuk litter kandang ayam. Pasir juga bisa di gunakan untuk alas kandang. Tapi, perlu diperhatikan pasir cenderung kurang efektif dalam menyerap kotoran daripada sekam atau serbuk gergaji.

6. Kulit Kacang

Kulit Kacang Untuk Alas Kandang
Kulit Kacang Untuk Alas Kandang

Kulit kacang adalah bahan litter kandang ayam lainnya yang bisa Anda pertimbangkan. Bahan ini terbuat dari kulit luar kacang dan memiliki kemampuan menyerap yang baik. Kulit kacang juga bisa membantu dalam mengendalikan bau yang tidak sedap.

Kesimpulan

Setiap jenis litter kandang ayam memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemilihan litter kandang tergantung pada preferensi Anda dan juga kebutuhan ayam Anda. Pastikan untuk mempertimbangkan faktor seperti daya serap, ketersediaan, dan biaya sebelum memutuskan jenis litter kandang yang paling cocok.

Terlepas dari jenis litter kandang yang Anda pilih, penting untuk menjaga kebersihan kandang secara teratur. Membersihkan litter kandang, menggantinya dengan yang baru, dan menjaga kebersihan kandang adalah kunci untuk menjaga ayam-ayam Anda tetap sehat dan bahagia.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang manajemen litter kandang ayam kalian bisa membaca artikel “Manajemen Litter Kandang Ayam Broiler

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, sobat ternak! Jangan ragu untuk berbagi pengalaman Anda dalam menggunakan litter kandang ayam di kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya! šŸ“šŸŒæšŸ”

Share your love
M ilham Mubarok
M ilham Mubarok

Seorang pemuda yang suka dengan dunia perternakan dan dunia digital. Selalu berusaha untuk membuat sesuatu yang berguna untuk banyak orang.

Articles: 46

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *